Home » Kegiatan » PELATIHAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Diposting : 14 Februari 2013 - 13:31:33 WIB
PELATIHAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Diposting oleh : Korem161
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 371 kali


Koramil 1604-01/Kupang, Senin (11/02) memberikan pelatihan dan pendidikan karakter bangsa kepada 15 orang anggota baru Resimen Mahasiswa ( Menwa ) di Fakultas Pertanian Unifersitas Nusa Cendana Kota Kupang.

Pelatihan dilaksanakan selama satu minggu dengan materi antara lain pembentukan sikap kepribadian, mental, fisik dan karakter kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Menwa.

Untuk membentuk sikap  dan kedisiplinan para Menwa yang merupakan salah satu komponen cadangan pertahanan Negara ini maka setiap harinya mereka di gembleng dengan kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Sementara untuk pembentukan fisik dan mental mereka dilatihkan kegiatan fisik dengan melaksanakan kegiatan lari pagi dan lari siang di tambah dengan melaksanakan kegiatan senam penguatan.

Sedang untuk pembentukan karakter, Danramil 1604-01/Kupang Kapten Inf Tanuri memberikan pendidikan mengenai kepemimpinan. Materi kepemimpinan di berikan berkaitan dengan keberadaan Resimen Mahasiswa ( Menwa ) yang merupakan salah satu komponen cadangan pertahanan Negara. Hal ini di maksudkan apabila sewaktu-waktu komponen cadangan di butuhkan mereka akan siap untuk membantu TNI dalam pertahanan Negara.

”Seorang pemimpin harus dapat menjadi guru, seorang pemimpin harus dapat menjadi bapak dan seorang pemimpin juga diharapkan dapat menjadi rekan atau teman” tegas Danramil.  

Dari penjelasan Danramil tersebut, dapat di tarik kesimpulan bahwa peminpin yang baik adalah seorang peminpin yang dapat memberikan suri teladan kepada anak buahnya, dapat memberikan bimbingan kepada anak buah dan dapat menjadi teman atau rekan kerja yang baik bagi anak buanya.

Jadi seorang Menwa yang statusnya adalah seorang mahasiswa di harapkan mampu untuk menjadi suri teladan yang baik bagi rekan-rekannya dan bisa membimbing kepada adik-adiknya serta dapat menjadi teman didalam kegiatan yang positif.

Danramil 1604-01/Kupang menegaskan kepada para Menwa agar selalu menjadi pelopor yang baik bagi rekan – rekan mahasiswa lainnya. Di harapkan Menwa juga berperan aktif dalam mensosialisasikan  keamanan dan ketertiban, jangan sampai seorang Menwa malah menjadi biang kerok dalam sebuah kerusuhan sehingga dapat merusak citra menwa dan juga merusak citra TNI yang memberikan pelatihan. (Penrem 161)




BERITA TERKAIT

0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama
Website
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



Copyright © 2013 by WWW.KOREM161.MIL.ID. All Rights Reserved
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang, dilarang mengcopy seluruh atau sebagian dari menu dan isi web ini tanpa izin.
Developed by ARI@WIRELESSINDO