Home » Kegiatan » KASDAM IX/UDAYANA: PRAJURIT BUKANLAH WARGA NEGARA ISTIMEWA

Diposting : 08 November 2013 - 14:34:25 WIB
KASDAM IX/UDAYANA: PRAJURIT BUKANLAH WARGA NEGARA ISTIMEWA
Diposting oleh : Korem161
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 788871 kali


“Kita prajurit ini adalah warga negara yang utama, tapi kita tidak pernah mengkelaskan bahwa kita adalah warga negara istimewa, kita adalah warga negara biasa sama dengan warga masyarakat lain meskipun dalam tuntutan tugas saudara berbeda. Karena saudara disiapkan untuk menjadi benteng-benteng negara, menjadi pagar-pagarnya negara, oleh karena itu tugas pokok para prajurit adalah menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengorbankan jiwa dan raga.” 

Demikian diantaranya penyampaian Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Danu Nawawi saat memberi pengarahan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 161/WS dan jajaran se-Garnizun Kupang pada hari Kamis tanggal 24 Oktober bertempat di lapangan basket asrama TNI AD Kuanino. 

Acara pengarahan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Korem 161/Wira Sakti sebagai pejabat baru Kasdam IX/Udayana.

Sebelumnya dalam memulai pengarahan, sebagai pejabat baru Kasdam terlebih dahulu memperkenalkan diri kepada para anggota baik prajurit dan PNS yang hadir pada acara.

Disamping hal tersebut diatas selaku Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Danu Nawawi juga menyampaikan kepada para prajurit dan PNS bahwa hendaknya sebagai prajurit janganlah berlaku sombong dan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik satuan. Bila ada prajurit yang punya masalah pribadi maupun dinas, hendaknya segera dicari solusi dan diselesaikan. Untuk itu Kasdam mengintruksikan agar unsur pimpinan  harus menyatu dengan bawahan dan juga sebaliknya prajuritpun harus terbuka dengan atasan.

Tidak kalah penting Kasdam IX/Udayana juga mengingatkan kepada para prajurit dan PNS hendaknya menhindari korban sia-sia terutama korban akibat berlalu lintas. Karena selama ini sudah banyak kejadian para prajurit meninggal bukan di medan tempur melainkan karena kecelakaan dalam berkendaraan, untuk menhindari hal tersebut sebagai prajurit hendaknya mematuhi segala peraturan dalam berlalu lintas termasuk kelengkapan surat kendaraan.

Selanjutnya dihadapkan tugas pokok prajurit, Kasdam juga mengingatkan bahwa sebagai aparat kewilayahan hendaknya harus bisa menempatkan diri, harus bisa dan mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat, sehingga hal tersebut sesuai dengan lambang Kodam IX/Udayana Praja Raksaka yang artinya adalah prajurit pengayom dan pelindung rakyat.

Sebagai prajurit Praja Raksaka hendaknya seluruh prajurit dan PNS Korem 161/WS dan jajaran memperhatikan beberapa hal diantaranya: jangan melakukan tindakan kontra produktif, pelihara terus kemanunggalan TNI dan rakyat baik secara fisik maupun spiritual serta rebut hati rakyat dengan melakukan perbuatan dan tindakan yang sesuai dengan Doktirn TNI dan juga Panca Prasetya Korpri bagi PNS TNI.

Demikian diantaranya penyampaian Kasdam IX/Udayana dalam pengarahan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 161/WS dan jajaran se-Garnizun Kupang pada acara kunjungan kerja di wilayah Korem 161/WS.

Turut hadir pada pengarahan Kepala Staf Kodam IX/Udayana antara lain Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Ferdinand Setiawan, calon Danrem 161/WS Kolonel Inf Achmad Yuliarto, S.Sos, MAP, Kasrem 161/WS Kolonel Inf Agus Y.R Agustinus, S.H, para Kasi Korem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, para Dan/Ka/Pa/ Sat Disjan dan balak Aju Korem 161/WS.(Penrem 161)



BERITA TERKAIT

0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama
Website
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



Copyright © 2013 by WWW.KOREM161.MIL.ID. All Rights Reserved
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang, dilarang mengcopy seluruh atau sebagian dari menu dan isi web ini tanpa izin.
Developed by ARI@WIRELESSINDO